Untuk memudahkan dan mengefektifkan
siswa pada saat proses pembelajaran membaca digunakan media pembelajaran
sebagai alat bantu. Sadiman (Sahat,2003:32) membatasi media sebagai
segala bentuk dan saluran yang digunakan orang untuk menyalurkan
pesan/informasi.
Media pembelajaran ini bertujuan untuk
meningkatkan perolehan siswa terhadap hasil belajar mereka serta untuk
mengatasi kejenuhan dan verbalisme di kelas. Dengan menggunakan media
pembelajaran semakin lengkap dan optimal penyajian bahan ajar kepada siswa,
selain itu dalam batas-batas tertentu juga dapat menggantikan peran dan tugas
guru, guru tidak hanya sebagai penyaji materi tetapi bisa beralih menjadi
fasilitator belajar yang memberikan kemudahan bagi para siswa untuk belajar.
Pada pembelajaran Quantum Reading ini,
media pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa
adalah media visual, media cetak, media audio (berupa musik khusus untuk
pembelajaran, dan stopwatch sebagai penentu kecepatan membaca dalam waktu satu
menit dan lembar soal pilihan ganda untuk mengukur kemampuan memahami bacaan
membaca.
0 komentar:
Posting Komentar