Pages

Minggu, 30 September 2012

Evaluasi Pembelajaran Membaca dengan Penerapan Quantum Reading

Menurut Wand Brown (1981:1) evaluasi adalah suatu tindakan atau suatu proses untuk menentukan nilai daripada sesuatu. Hopkin dan Antes (2002:69) mengemukakan bahwa dalam proses pembelajaran diperlukan evaluasi untuk menguji tingkat keberhasilan tujuan pembelajaran. Evaluasi ini meliputi informasi tentang siswa, guru, program, dan proses belajar mengajar untuk mengetahui tingkat perubahan siswa dan ketepatan keputusan tentang gambaran siswa dan efektivitas program.
Evaluasi pembelajaran membaca dengan penerapan Quantum Reading ini meliputi pengukuran untuk menilai kecepatan membaca siswa dengan diberikan tes awal dan tes akhir. Untuk melakukan ini diperlukan stopwatch dan satu bagian bahan bacaan (DePorter, 2000:185).
      Dengan menggunakan stopwatch ini, siswa diberi waktu tepat satu menit untuk membaca tugas. Di akhir satu menit, katakan "berhenti" dan meminta siswa menandai sampai di mana mereka membaca. Lalu, begitu selesai membaca, siswa diberikan pertanyaan yang sudah disiapkan untuk mengukur pemahaman bacaan mereka. Kemudian siswa menghitung jumlah baris yang terbaca dan mengalihkan jumlah tersebut dengan jumlah rata-rata kata per baris. Hasilnya sama dengan kecepatan membaca mereka (DePorter, 2000:185).

0 komentar:

Posting Komentar

FREE DOWNLOAD

  • Media Audio Visual
  • Tujuan, Manfaat dan Langkah-langkah Pembelajaran Q...
  • Konsep Dasar Quantum Reading
  • Evaluasi Pembelajaran Membaca dengan Penerapan Qua...
  • Media Pembelajaran Quantum Reading
  • Jenis dan Ragam Drama
  • Manfaat dan Pengembangan Audiolingual Drama
  • Metode Audiolingual Drama
  • Metode Contextual Teaching and Learning (CTL)
  • Metode Cooperative Sript
  • Kelebihan dan Kekurangan Metode Discovery
  • Langkah-langkah Pelaksanaan Metode Discovery
  • Metode Discovery
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE JIGSAW
  • LANGKAH-LANGKAH METODE JIGSAW
  • Lima Unsur Pembelajaran Cooperative Learning
  • METODE JIGSAW
  • Metode Quantum Writing
  • Langkah-langkah dan Kelebihan serta Kekurangan Met...
  • Metode Resitasi
  • MODEL PEMBELAJARAN
  • Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran Group Invest...
  • LANGKAH-IANGKAH GROUP INVESTIGATION
  • PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION
  • Quantum Teaching
  • Langkah Pembelajaran K-W-L
  • Tujuan dan Prosedur K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • Strategi K-W-L (KNOW, WANT, LEARN)
  • PENERAPAN TEKNIK ALFA PADA KOMPETENSI DASAR MENULI...
  • KELEBIHAN DAN KEKURANGAN TEKNIK ALFA
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK ALFA
  • TEKNIK ALFA
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL JIGSAW
  • TEKNIK DAN TUJUAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • PEMBELAJARAN KOOPERATIF
  • LANGKAH-LANGKAH PENGGUNAAN TEKNIK DISCUSSION START...
  • KEUNGGULAN DAN KELEMAHAN TEKNIK DISCUSSION STARTER...
  • TEKNIK DISCUSSION STARTER STORY
  • Kekuatan dan Kelemahan Teknik SQ3R
  • Teknik Membaca SQ3R
  • LANGKAH-LANGKAH PELAKSANAAN TEKNIK LNKUIRI
  • JENIS DAN TUJUAN PENGGUNAAN TEKNIK INKUIRI
  • TEKNIK PENGAJARAN INKUIRI
  • Teknik Tell Me What You See
  • Skripsi Bahasa Indonesia
  • Daftar Judul Skripsi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Terbaru
  • Free Download Skripsi Bahasa Indonesia
  • Skripsi Pendidikan Bahasa Indonesia
  •